Senin, 14 November 2016

Membangun Jaringan Peer to Peer


Jaringan Peer to Peer adalah jaringan yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang dimana masing-masing komputer berfungsi sebagai server dan client dalam waktu yang bersamaan. klai ini kita akan mencoba membangun jaringan Peer to Peer dengan dua komputer yang dimana kedua kedua komputer ini dihubungkan dengan kabel CrossOver.

Ø  Memerikasa Sambungan Fisik
1.      Tancapkan  konektor  kabel  yang  satu  dan  yang  lain  pada  komputer  1  dan komputer 2.
2.      Tanda sudah tidak terhubungnya kedua PC dapat dicheck dengan masuk pada Control  Panel, klik dua kali icon  Network  And Sharing Center  kemudian pilih Change adapter settings
3.      Jika pada  Local Area Connection  terdapat tanda  X, hal tersebut menandakan bahwa  sambungan  belum  berhasil.  Solusinya  cek  sambungan  kabel  dan crampingan.
 

Ø  Setting Konfigurasi IP
Setelah  computer  1  dan  2  terhubung  maka  langkah  selanjutnya  adalah  kita berikan  alamat  IP  Address  yang  merupakan  alamat  computer  alamat  ini  tidak boleh sama antara satu dengan yang lain. Berikut cara konfigurasi IP
1.      Tentukan alamat IP Address kedua PC.
Sebagai contoh :
PC 1
PC 2
Alamat IP     :192.169.4.8
Subnet Mask : 255.255.255.0
Alamat IP     : 192.168.4.9
Subnet Mask : 255.255.255.0
2.      Klik kanan pada Local Area Connection kemudian pilih properties
3.      Pada  jendela  Local  Area  Connection  Properties,  sorot   Internet  Protocol Version 4(TCP/Ipv4), kemudian klik button Properties
4.      Pada  Internet Protocol  Version 4(TCP/Ipv4)  Properties,  pilih radio button Use the following IP address,  dan isikan IP Address dan Subnet mask seperti yang ada pada tabel. 
 
5.      Klik OK untuk mengakhiri. Jangan lupa untuk men-disable dan enable-kan kembali LAN untuk mengaktifkan konfigurasi yang kita buat.
6.      Ulangi  langkah  di  atas  dalam  pengisian  IP  Address  PC2.  Ingat,  IP  Address antara PC1 dengan PC2 harus beda.

Ø  Menguji Konektifitas /Hubungan Jaringan
1.      Klik pada  Start  cari  Run  atau dengan tombol pintas tekan bersamaan  tombol windows dengan tombol R. Pada Run ketik cmd kemudian Enter.
2.      Pada  prompt  ketik  ping(spasi)IP  Address.  Jika  pada  PC1  ketiklah ping(spasi)IP Address PC2, begitu pun sebaliknya. Lalu tekan Enter. Jika ping berhasil (Replay) berarti telah tersambung.
Keterangan tambahan :
Pada  saat  ingin  melakukan  sharing  folder  semacam  ini,  agar  koneksi  LAN bisa terhubung satu sama lain, pastikan Firewall dalam kondisi OFF.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates